TIM KKN-IK IAIN KUDUS 2021 SUKSESKAN POSYANDU GERAKAN SEHAT UNTUK MASYARAKAT

 

Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM).

Di Desa pasuruhan Kecamatan Kayen Kabupaten Pati pelaksanaan Posyandu dilaksanakan sebulan sekali. Walaupun di tengah pandemi Covid-19 pelaksanaan Posyandu tetap berjalan sebagaimana biasa.

Pada pelaksanaan Posyandu bulan ini, turut serta mahasiswa iain kudus yang sedang melaksanakan KKNdalam melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada peserta posyandu. Kamis 09/09/2021 bidan desa mengungkapkan tujuan dilaksanakan Posyandu adalah untuk mempercepat penurunan angka kematian bayi, menghindari gizi buruk pada Balita, mempercepat penerimaan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS), dan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan kesehatan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan.

Perangkat Posyandu terdiri dari Bidan Desa dan kader. Pada setiap pelaksanaan Posyandu dilakukan penimbangan berat badan, tinggi badan, pengukuran tensi, cek gula, kolesterol, imunisasi, pemberian makanan tambahan dan edukasi kepada peserta Posyandu, kata bidan.

Kegiaan posyandu iini diperuntukan untuk warga pasuruhan akan tetapi jika ada warga dari luar pasuruhan diperbolehkan mengkuti kegiatan psyandu di desa pasuruhan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan