Rutinan Muslimat Yasinan Desa Pasuruhan Kecamatan Kayen Kabupaten PatI

 

 

 

Pada hariJumat tanggal 10 September 2021, Pengurus Muslimat NU Desa Pasuruhan mengadakan kegiatan rutinan kembali di masa pandemi yang  berguna untuk meningkatkan kapasitas keimanan dan kerukunan masyarakat. Acara tersebut dilaksanakan di rumah ibu-ibu muslimat yang mendapatkan giliran padahari tersebut, dan diikutioleh para anggota muslimat.

Acara dimulai dengan pembukaan pada pukul 13.00 yang dipimpin oleh petugas acara, kemudian pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Muslimat serta lagu Ya lal Wathon, pembacaan tahlil dan yasiin bersama-sama, pembacaan al-Barzanji, sambutan-sambutan, hingga acara inti, yakni tausiyah yang disampaikan oleh Bapak Kyai Munib. Banyak sekali ilmu yang beliau sampaikan dalam acara ini, diantaranya yaitu:

  1. Taatnya seorang istri kepada suami
  2. Kesabaran
  3. Ketekunan mengikuti pengajian seperti muslimat dan fatayat
  4. Tetap menjaga kesehatan dan kebersihan dalam masa pandemi seperti sekarang ini

Acara tersebut bukan semata dilaksanakan sebagai rutinitas saja. Akan tetapi dilaksanakan sebagai wujud ikhtiar dalam menjaga keimanan dan kerukunan masyarakat sekitar, juga untuk mewujudkan para kaum wanita islam yang bertaqwa kepada Allah SWT. Dengan mengadakan rutinan tersebut bisa menumbuhkan kebaikan jika terus disiram dengan ilmu kebaikan yang disampaikan oleh pembicara inti (Bapak Kyai).

Melihat semangat para ibu-ibu yang luar biasa untuk mencari ilmu dan kumpulan islami bersama dengan cara mengikuti acara muslimat tersebut sehingga meninggalkan pekerjaan atau waktu istirahat. Acara ini diikuti oleh banyak ibu-ibu, hingga 70-an orang lebih.

Acara tersebut diakhiri dengan doa bersama (berjamaah) agar warga desa Pasuruhan khususnya dan saudara sesama muslim tetap aman, dijauhkan dari marabahaya apapun, terutama dari wabah Covid-19. Selain itu juga membaca Asmaul Husna dan Sholawat Tibbil Qulub yang berarti penyembuh hati atau obat agar terhindar dari wabah atau penyakit.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan